Trees & Sunlight

Posted: April 8, 2011 in Uncategorized
Tags: , , , , ,

Banyak kebudayaan yang menjadikan dua hal tersebut sebagai berhala. Seringkali pohon dianggap sebagai simbol rumah makhluk ghaib. Berbagai sesajen sering mubadzir disajikan di samping pohon yang dianggap keramat. Kisah klasik, bahkan sang berhala pun tak mampu melahap sesajen tersebut, apalagi menolong dirinya ketika pembalakan liar merajalela, apalagi menolong hambanya yang setia mengirim sesajen, apalagi menolong umat sejagad. Inilah kebudayaan. Kenaifan adalah sebuah cerminan tentang bagaimana sejatinya manusia membutuhkan kekuatan yang lebih besar darinya, yang mampu menolong, dan mampu memberikan jawaban atas setiap keresahan.

by -Hz-

http://wayfarernotes.wordpress.com

email: hamzah.maulana@avalon-trek.com

Satu lagi, sering dianggap sebagai sumber energi, paling tidak yang berefek ke bumi. Beberapa kelompk manusia bahkan menuhankan dan menyembahnya. Mulai dari Asia Timur hingga selatan Amerika. Matahari tak seperti pohon. Ia terlalu absurd untuk dianggap sebagai sekedar obyek karena letaknya relatif jauh. Tetapi sinarnya tak henti henti memberikan kehidupan kepada makhluk. Bahkan kolaborasinya dengan daun hijau mampu menghasilkan konsumsi mutlak untuk kelangsungan hidup sejawatnya yang notabene diciptakan oleh Tuhan yang esa.

Saya hanya ingin mengingatkan kepada diri saya pribadi dan semua orang yang membaca tulisan ini, bahwa kita tidak akan bisa hidup tanpa dua hal tersebut: pohon dan cahaya (matahari). Dengan bantuan cahaya, daun melakukan kegiatan memecah energi (glukosa) menjadi senyawa yang lebih kecil dengan hasil sampingan berupa 02 yang kemudian dilepas ke udara dan pada akhirnya menjadi konsumsi makhluk lain: manusia dan hewan. Sedangkan sebelum proses tersebut berlangsung, daun-daun hijau telah melakukan fiksasi (pengikatan) karbon yang merupakan limbah dari pernafasan kita yaitu C02.

Proses respirasi sendiri merupakan kegiatan mutlak yang harus dilakukan oleh manusia untuk tetap hidup. Respirasi lebih dari sekedar rutinitas. Tetapi merupakan syarat agar kita bisa tetap hidup.

Sampai disini saja, sudah tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menyayangi dan memberikan kesempatan hidup bagi pohon. Padahal selain itu masih banyak fungsi pohon yang menunjang kehidupan kita.

Saya akan memberikan pemahaman lain tentang bagaimana cara kita melihat pohon melalui beberapa foto berikut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s